Ketika Musa mengalahkan Fir'aun


Tahun baru Hijriyah yang diawali Bulan Muharram 1430 H merupakan momen yang penting untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Perbaikan dan peningkatan kualitas ruhiyah, fikriyah, amaliyah dan ukhuwah menjadi agenda penting yang perlu dicanangkan. Untuk tujuan itu, perlu kiranya mengisi bulan Muharram ini dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah.
Salah satu amalan yang dituntunkan Rasulullah SAW adalah melakukan puasa Asyura yang jatuh tanggal 10 Muharram (saat ini jatuh pada Rabu, 7 Januari 2009). Puasa Asyura dilakukan karena pada hari itu terjadi peristiwa luar biasa, bukti kebesaran Allah yang patut disyukuri, salah satunya adalah ketika Musa berhasil menenggelamkan Fir'aun dan pengikutnya.
Untuk mensyukuri hal tersebut, Rasulullah menganjurkan kita untuk berpuasa sunnah. Selain itu, ada iming-iming lain yang dijanjikan bagi mereka yang melaksanakan puasa Asyura akan dihapus dosa-dosanya setahun yang lalu.
Tentang puasa Asyura, maka Rasulullah SAW menjawab : “(Puasa Asyura itu) menutup dosa tahun yang telah lalu”(HR.Muslim)
Dengan janji yang begitu menggiurkan, tidakkan kita tergoda untuk melakukannya. Karena Allah SWT tidak pernah ingkar janji. Terlebih saat ini, ketika saudara kita di Palestina sedang diuji menghadapi kekejaman Israel laknatulloh. Mereka, saudara kita di Palestina, sedang dalam keadaan teraniaya, tertindas, nestapa.
Berpuasa akan melatih kita untuk turut merasakan sedikit kesedihan yang menimpa saudara-saudara kita, memperkuat rukhiyah kita untuk melantunkan doa-doa kepada Allah untuk kemenangan Palestina sebagaimana kemenangan Musa melawan Fir'aun.
So, untuk kita semua, saudara kita di Palestina dan dimanapun berada serta kemenangan Islam saudaraku, Berpuasa yuk...

Komentar

Postingan Populer