Diary February

Februari....

Satu-satunya hal besar yang saya tunggu di bulan ini adalah lahirnya dd di perut. HPL jatuh pada tanggal 20 Februari 2014. Sambil menunggu kelahiran dan mengisi waktu cuti, banyak agenda yang saya susun. Mulai dari all out membantu lomba posyandu lansia di RW saya. Banyak persiapan dilakukan untuk menghadapi lomba tersebut. Maklum ini kali kedua posyandu lansia di RW saya mewakili desa dalam lomba di tingkat kota. Rapat demi rapat saya ikuti bahkan kadang sampai malam.

Saya pikir gak masalah lah, daripada nggak ada aktivitas di rumah, lebih baik menyibukkan diri sehingga waktu tidak terasa lama ketika menunggu kelahiran. Bahkan ketika pas hari H perkiraan lahir si dd belum lahi, aktivitas semakin saya kencengin. "Biar cepet turun dan lahir," pikir saya. Maka rapat persiapan lomba dengan bapak-bapak pada tanggal 21 Februari hingga jam 10 malam pun saya lakukan.

Namun kadang tubuh kita perlu dipahami juga. Aktivitas yang terlalu padat memberikan dampak tidak baik bagi kandungan. Pada Sabtu, 22 Februari dini hari saya merasakan ada air yang lumayan banyak tiba-tiba keluar dari jalan lahir dan diikuti dengan kontraksi yang semakin rutin. Saya pikir waktunya telah tiba. Namun belajar dari persalinan sebelumnya, jika kontraksi masih 10 menit sekali kemungkinan masih lama, maka saya tunda untuk menyampaikan ke suami. Pagi itu, setelah sholat subuh saya melakukan aktivitas pekerjaan rumah yang lain. Masak, mencuci dan bersih-bersih rumah tertangani sambil menahan kontraksi yang datang dan pergi. Ada keanehan yang saya rasakah yaitu air yang keluar terus menerus dari jalan lahir. Saya pikir ini tanda-tanda dari persalinan biasa.

Setelah semua pekerjaan rumah selesai, baru sekitar pukul 10.00 WIB saya sampaikan ke suami. Kami kemudian berangkat ke klinik abu salman untuk memeriksa kondisi kandungan. Benar saja, ketika di cek, bukaan sudah 1. Namun ketika melakukan pemeriksaan, perawat itu menanyakan, "Ibu merasakan ada air yang keluar dari jalan lahir, seperti bak?" tanya perawat.
Saya iyakan dan ternyata itu adalah air ketuban. Perawat yang memeriksa saya menyampaikan bahwa ketuban sudah pecah dan lapisan sudah tidak ada karena tangan perawat yang meraba sudah langsung merasakan rambut bayi, bukan lapisan ketuban. Ketidaksabaran ummi menanti kelahiranmu dengan banyak beraktivitas ternyata membuat terforsir dan kecapekan sehingga menjadikan ketuban pecah mendahului kontraksi yang datang kemudian.

Mengetahui hal itu, saya langsung disarankan rawat inap untuk memantau perkembangan bukaan. Karena air ketuban terus keluar ketika saya bergerak, maka saya disarankan untuk tidak banyak aktivitas. Otomatis saya hanya banyak tidur dan menunggu penambahan pembukaan. Tidak seperti yang diharapkan, kontraksi yang saya rasakan tidak semakin kenceng malah justru melemah dan tidak sesakit sebelumnya. Pada waktu itu diputuskan untuk ditunggu hingga jam 14.00 dan jika tidak ada perubahan kondisi maka saya harus menempuh jalan SC. Ternyata apa yang saya takutkan terjadi dan si dd harus dikeluarkan dengan jalan SC.

Dan inilah kau nak, yang harus diperjuangkan lewat SC. Ala kulli hal, alhamdulillah...Ummi bersyukur kau lahir selamat nak, tanpa kurang suatu apa. Welcome to the world son...Muhammad Sangaji Yakhsyalloh.

Komentar

Postingan Populer