Keteguhan Sang Fajar

Bismillah...

Saya tidak tahu nama lengkapnya dan saya sungguh tidak tertarik untuk mengetahuinya. Yang saya tahu namanya Fajar dan dari sepenggal nama tersebut, banyak hal luar biasa yang membuat saya takjub dan banyak belajar tentang keikhlasan, kekuatan, kesabaran, keyakinan dan keteguhan. Maka tidak salah jika saya memberikan judul tulisan ini Keteguhan Sang Fajar.

Fajar adalah seorang anak yang kini berusia 11 tahun dan terlahir dengn kondisi menderita cerebral palsy (CP). Apa itu CP? Cerebral Palsy (CP, Kelumpuhan Otak Besar) adalah suatu keadaan yang ditandai dengan buruknya pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan dan gangguan fungsi saraf lainnya.

Maka sejak bayi Fajar harus berjuang dengan kondisinya. Adalah ayah ibunya yang demikian sabar mendampingi dan mengasuh Fajar hingga dia kini menjadi anak yang hafal Al Qur'an (hafidz).

Sulit dinalar dengan akal memang, bagaimana bisa seorang anak yang mengalami kelumpuhan otak besar bisa hafal 30 juz Al Qur'an. Tapi itulah realitanya. Allohu Akbar.

Dari silaturahmi saya dan teman-teman ke rumahnya, terungkaplah rahasia sukses Fajar bisa menjadi tahfidz. Menurut cerita ibunya, yang sangat luar biasa, rahasianya adalah ada pada keyakinan. Keyakinan bahwa ayat-ayat Al Quran akan memberikan dampak positif bagi perkembangan Fajar jika terus diperdengarkan. "Sebagaimana banyak orang memiliki keyakinan bahwa memperdengarkan lagu klasik bagus untuk perkembangan anak, saya dan suami punya keyakinan bahwa ayat-ayat Al Quran adalah mukjizat sehingga kami lebih memilih memperdengarkan ayat Al Quran kepada Fajar ketimbang musik klasik," ujar mamanya.

Al hasil, sejak bayi lantunan ayat-ayat suci Al Quran selalu mengiringi setiap aktivitas Fajar. Diputar terus menerus secara berurutan mulai juz 1 sampai 30 dan kembali lagi. "Tak peduli apapun aktivitas Fajar bahkan sampai dia tidur pun kami tetap memperdengarkan ayat-ayat Al Quran," ujarnya.

Dan hasilnya sangat luar biasa, ternyata kelumpuhan otak yang diderita Fajar bisa diterapi bahkan bisa merekam ayat demi ayat dalam Al Quran hingga hafal di laur kepala.

Kondisi Fajar yang sudah menghafal Al Quran tidak disadari oleh orangtuanya hingga ada seorang ustad yang mengatakan bahwa Fajar sudah menghafal Al Quran. Antara percaya dan tidak, maka orangtuanya meminta ustad yang tahfidz untuk mengecek hafala Fajar dan ternyata terbukti bahwa Fajar sudah hafal Al Quran. Allohu Akbar.

"Hal itu baru kita sadari ketika Fajar usia 4 tahun. Antara percaya tak percaya ternyata memperdengarkan ayat-ayat Al Quran tidaklah sia-sia. Yang kami heran, jika hal itu (hafal Al Quran) bisa terjadi pada Fajar mengapa tidak pada kami ya," ujar sang ibu tersenyum simpul.


Bukan tanpa kendala, tekad untuk membersamai Fajar dengan ayat-ayat Al Quran penuh dengan perjuangan. Terlebih dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat gencar, terutama adanya televisi dengan berbagai tayangan. "Itulah sebabnya kami memutuskan untuk tidak memiliki tv di rumah. Hiburan yang ditonton Fajar juga selektif kita pilih, paling hanya lewat cd edukasi. Memang tidak mudah tanpa tv di rumah, tapi itu pilihan. Kami yang harus mengalah. Kebutuhan informasi biasanya kita penuhi dengan buka internet atau baca koran," papar bunda Fajar.


Tidak hanya itu, mengiringi terapi yang dilakukan, perkembangan Fajar pun semakin baik. Yang semula hanya bisa terlentang di tempat tidur kini sudah mulai belajar berjalan dan berbicara meski masih terdengar cedal. Bahkan saat ini Fajar memiliki cita-cita luar biasa yang dituliskan dalam pigura dan dipajang di rumahnya.

Tiada henti diri ini bertasbih sepanjang melakukan silaturahmi ke rumahnya dan senantiasa berdoa semoga putra-putri saya dikarunia keteguhan dan semangat yang luar biasa dalam berjuang untuk kehidupan dunia dan akhiratnya.

Sekarang Fajar tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa, cerdas dan sholih. Setiap kali terdengar adzan, dia bergegas bersiap ke mesjid meskipun untuk berjalan saja masih perlu dibantu. Sungguh...Maha Besar Alloh atas segala kuasa-Nya.

Colomadu, pertengahan 2014                          

Komentar

Postingan Populer