Power Syndrome

Bismillah...


Ini kisah berawal dari cerita seorang teman yang gemes dengan sebuah fenomena yang terjadi di lembaga tempat dia bekerja dimana terjadi pengunduran diri secara serempak yang dilakuan oleh rekan-rekan kerjanya karena ada kebijakan yang dirasa tidak pas yang ditetapkan untuk pemegang jabatan. Tidak enaknya lagi kebijakan tersebut ditetapkan sendiri oleh si pemegang kebijakan tersebut tanpa memperhatikan pendapat dari pihak-pihak yang terkena dampak kebijakan tersebut. Dan yang lebih tidak menyenangkan lagi adalah keputusan tersebut bersifat mutlak alias tidak dapat diganggu gugat.



"Tidak adakah forum yang bisa digunakan untuk mendiskusikan keputusan tersebut," tanyaku waktu itu. Dia hanya menggeleng kecut. Jika hanya satu dua orang yang tidak setuju dengan keputusan ini mungkin bisa dimaklumi. Tapi lain halnya jika mayoritas tidak sepakat dan keputusan itu tetap dipaksakan. Tidak ada ruang untuk dilakukan syuro karena sang pengambil keputusan merasa bahwa kebijakan yang dia ambil sudah 100% benar dan dia merasa paling berhak mengambil keputusan tersebut karena dia yang memegang jabatan sehingg dialah yang berhak memutuskan, tanpa memerlukan pertimbangan dari orang lain.


Ketika mendapati tidak ada lagi ruang untuk melakukan diskusi, maka rombongan karyawan yang harus terkena dampak menjalankan keputusan tersebut merasa berat dan akhirnya memilih untuk mengundurkan diri alias resign dari posisi mereka. Lalu apa sikap sang pengambil kebijakan? Dengan tegas (atau arogan?) dia berkata,"Silakan saja mengundurkan diri, ada banyak orang di luar sana yang berminat menduduki posisi yang Anda tinggalkan."


Gambaran di atas hanyalah satu fenomena saja. Gambaran tentang seorang yang merasa memiliki power besar dan memiliki hak untuk mengambil keputusan tanpa memedulikan pendapat orang lain. Istilah kekiniannya EGP lah "emang gue pikirin." Tanpa mengecilkan pertimbangan yang dijadikan dasar untuk mengambil keputusan tersebut, alangkah enaknya jika sebelum keputusan tersebut ditetapkan ada proses syuro yang dilakukan sehingga setiap orang bisa menerima keputusan ini dengan legowo.


Hmmm...bagaimanapun memegang amanah bernama jabatan itu berat baik mengemban amanah tersebut dengan baik maupun mempertanggungjawabkannya. Berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang bisa menyebabkan sakit hati orang lain lebih utama dilakukan, lebih bijak serta menghindari gajala power syndrome, yaitu penyakit yang menjangkiti orang yang memiliki jabatan dan kekuasaan. 


Nah, gejala apakah yang bisa dijadikan indikasi adanya power syndrome?

1. Merasa paling berkuasa
Jabatan memang menjadikan kita memiliki kekuasaan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu. Namun hati-hati, jika rasa memiliki itu terlalu dominan bisa menjadikan kita besar kepala dan sok berkuasa.


2. Merasa paling berhak memutuskan

Bolehlah kita memiliki jabatan, namun tidak kemudian membuat kita "semena-mena" dalam mengambil keputusan dan tidak mempertimbangkan orang-orang yang terkena dampak keputusan tersebut untuk sekedar mengeluarkan isi hati dan mengutarakan pendapat mereka. Hal itu akan lebih "nguwongke" dibandingkan dengan mengambil keputusan sendiri karena merasa paling berhak memutuskan. Bahaya...


3. Merasa paling benar

Tidak ada manusia yang sempurna, demikian pula dengan kita. Setinggi apapun jabatan  dan sebesar apapun kekuasan yang kita miliki selalu ada peluang untuk berbuat khilaf dan salah. Waspadalah. Dan jika kita sudah merasa paling benar sendiri, maka gejala power syndrome itu bisa jadi telah merasuki kita.


Yuks kita introspeksi diri. Selalu jaga hati dan senantiasa mendekatkan diri kepada Alloh. Bukankan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas setiap apa yang dia lakukan? 


Wallahu'alam bi showab...



23 juni 2017

h-1 menjelang ied 1438 h







Komentar

Postingan Populer