Tersandera persepsi

Bismillah....

Tersandera persepsi. Hm....bingung nggak dengan dua kata tersebut. Bagaimana bisa persepsi menyandera dan siapa yang tersandera?

Nah, daripada bingung, kita bercerita yuk. Eh, tepatnya saya akan bercerita tentang pengalaman yang saya alami sehingga menggelitik saya untuk menulis tema tersandera persepsi.

Pernah nggak kita tiba-tiba merasa mellow ketika memikirkan sebuah kejadian yang menurut persepsi kita memilukan? Misal kita berbincang dengan teman, kebetulan teman kita sedang cape sehingga tidak menanggapinya dengan datar. Mendapatkan tanggapan tersebut, maka mulailah kita bermain persepsi.

"Kok dia jawabnya datar banget sih, sepertinya dia marah ya kepadaku. Apa salahku?"
"Kenapa dia pelit kata ya, jangan-jangan ada perkataanku yang salah sehingga dia marah"
"Ih...sedih banget sih, diajak ngobrol kok nggak ngenakin. Dia sudah tidak temenan nih"
atau parah lagi
"Hm...dia sepertinya tidak jujur kepadaku, pasti ada yang dirahasiakan. Itu pertanda dia tidak cinta lagi kepadaku." Ea.... (yang ini pengalaman pribadi #ups)

Dari semua contoh pernyataan tersebut, semua bersumber pada satu kata, persepsi. Terkadang tanpa adanya bukti yang jelas, hanya dengan berbekal perkiraan dan persepsi, menjadi dasar bagi kita untuk mengambil kesimpulan. Nah, yang disayangkan lagi, kebanyakan persepsi kita itu mengarah pada sesuatu yang negatif, pada akhirnya berkesimpulan negatif dan mendrive kita untuk berperilaku negatif.

Coba lihat di atas, adakah yang mengarah ke tone yang positif? Kebanyakan kita, eh saya ding, kalau baru sensi dan dikuasai emosi bin mellow, biasanya lebih banyak dikuasai oleh persepsi yang negatif. Malangnya kita, eh lagi-lagi saya, persepsi itu kemudian memperdaya kita, bermain di pikiran kita, menguasai hati kita dan menyetir perilaku kita. Ah..parah banget yak :D

Jika sudah sampai pada tahap itu, maka itulah yang saya istilahkan dengan "tersandera persepsi" dimana persepsi bisa mengaduk-aduk perasaan kita, emosi kita dan perilaku kita. Padahal, jika dirunut lebih jauh lagi, belum tentu apa yang kita persepsikan benar atau memang tidak benar.

Nah...nah...untuk sesuatu yang masih belum jelas seperti ini, sesuatu yang masih abu-abu, mengapa kita biarkan untuk menguasai kita, menyandera kita. Rugi banget yak. Lebih baik kita jaga hati kita, pikiran kita dan perilaku kita sehingga tidak mudah disandera oleh persepsi yang buruk. Dan lebih mawas diri, tidak mudah bermain persepsi.

Yuk belajar dan terus belajar untuk mengurangi prasangka dan persepsi yang negatif supaya hidup kita lebih nyaman dan tidak dibebani dengan sesuatu yang belum pasti. Dan satu lagi, banyak berpositif thinking sehingga hidup kita lebih positif.

Yuk ah...be positif :)

Komentar

Postingan Populer